Penyusunan Best Practice dengan Metode STAR

 


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

UPT SPF SMPN Satap 5 Bulukumba

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajatan TIK Kelas VII

Penulis

Suriani, S.Pd

Tanggal

01 November 2022 & 02 November 2022

Situasi (S):

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Peralihan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ke pembelajaran tatap muka membuat motivasi belajar siswa menurun, sehingga membuat banyak perubahan dalam belajar termasuk sikap peserta didik yang berdampak terhadap pembelajaran. Oleh karena itu saat pembelajaran di kelas peserta didik merasa bosan karena terbiasa main dirumah bersama teman-temannya pada saat pembelajaran jarak jauh.

 

Perubahan yang terjadi seperti:

1.    Peserta didik sering mengobrol dan asyik bermain bersama teman-temannya sehingga cenderung ribut pada saat pembelajaran berlangsung

2.    Peserta didik terlihat kurang bersemangat mengikuti proses pembelajaran

3.    Pembelajaran hanya terpusat pada guru sebagai sumber belajar

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama seperti yang saya alami, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru lain. Dengan adanya praktik ini, akan memberikan sesuatu yang berbeda dimana pada awalnya peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar yang rendah, hal tersebut mulai teratasi dengan penerapan model pembelajaran inovatif, melakukan metode demonstarsi langsung, menggunakan media ajar powerpoint dan tayangan video yang dapat membantu peserta didik meningkatkan motivasi belajarnya.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah saya berperan sebagai guru dan fasilitator bagi peserta didik yang saya ajar, sebagai seorang guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara utuh dan efektif dengan menyusun rancangan pembelajaran yang sesuai dengan akar masalah yang ada, mempersiapkan pendukung pembelajaran dengan menggunakan model dan metode pembelajaran yang sesuai.

 

Tantangan (T) :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan yang dihadapi saat pelaksanaan praktik:

Setelah dilakukan analisis terhadap hasil kajian literatur dan hasil wawancara, yaitu rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran TIK antara lain dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal:

1.    Kurangnya perhatian dan minat siswa terhadap pelajaran

2.    Kurang disiplin

 

Faktor eksternal:

1.    Kondisi ruangan praktik komputer sempit dan kurang kondisif untuk proses pembelajarana

2.    Metode dan media pembelajaran yang kurang inovatif, kebanyakan menggunakan metode ceramah

3.    Kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua siswa di rumah

 

Berdasarkan penyebab dari permasalahan diatas, tantangan yang dihadapi guru yaitu:

1.    Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dikelas

2. Peserta didik kurang percaya diri mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas

3.    Penguasaan kelas yang optimal untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran

4.    Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di kelas

5.    Penggunaan media dan bahan ajar yang menarik

6.    Kondisi ruangan praktik komputer yang sempit dan kurang kondusif dalam belajar

 

Berdasarkan tantangan tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi melibatkan peran guru dan peserta didik yang terlibat langsung, pihak yang mendukung adalah orang tua, rekan sejawat dan kepala sekolah sebagai observer pada saat pelaksanaan pembelajaran dan rekan sejawat yang membantu dalam proses perekaman. Dari semua pihak yang terlibat, penulis memahami perlu adanya kolaborasi yang dilakukan agar tantangan yang ada dapat terselesaikan dengan baik.

 

Aksi (A) :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

1.    Pemilihan model pembelajaran

a. Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran dan mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada peserta didik.

b. Startegi yang digunakan dalam memilih model pembelajaran adalah dengan menyesuaikan karakteristik materi, memperhatikan tujuan pembelajaran, dan sarana prasarana pendukung

c.  Proses pemilihan model pembelajaran dilakukan dengan cara mempelajari model-model pembelajaran inovatif berdasarkan kajian literatur dan wawancara dilapangan, memahami karakteristik materi yang akan diajarkan dan tujuan yang akan dicapai.

d. Guru menerapkan salah satu model pembelajaran inovatif, yaitu discovery learning. Dimana model pembelajaran ini berpusat pada peserta didik untuk mencari, menemukan pengetahuan sebagai wujud adanya perubahan perilaku.


2.    Berkaitan dengan metode pembelajaran

  a. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dengan materi yang akan diajarkan

    b. Guru menggunakan metode demonstrasi langsung pada kegiatan praktik agar peserta didik lebih pahan dan antusias


3.    Berkaitan dengan media pembelajaran

    a. Penggunaan media ajar berbasis TPACKuntuk memudahkan guru mentansformasi ilmu pengetahuan dan juga membangkitkan motivasi belajar peserta didik

    b. Guru menggunakan presentasi menggunakan powerpoint dan menambahkan video yang menarik dan disajikan melalui proyektor


4.    Kondisi ruangan praktik

    a. Ruangan praktik komputer yang kurang memadai untuk proses pembelajaran sehingga peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok. Mereka akan bergantian di dalam ruangan untuk melakukan praktik sehingga semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari:

1.    Pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu Discovery learning dengan metode demonstrasi  dimana proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sehingga meningkatkan motivasi belajarnya.

2.    Respon peserta didik terhadap pembelajaran dapat terlihat dari hasil refleksi yang sudah dilaksanakan. Peserta didik merasa senang dt6engan model dan metode pembelajaran yang dilakukan. Sedangkan respon dari kepala sekolah dan rekan sejawat dapat dibuktikan berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan. Menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan sudah meningkatkan motivasi belajar dan dibuktikan dengan aktivitas peserta didik yang meningkat lebih berpartisipasi aktif selama pembelajaran

3.    Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelolah kelas dan melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inovatif serta metode demontrasi dipadukan dengan media pembelajaran yang berbasis teknologi AR.

4.    Pembelajaran yang bisa diambil dari keseluruhan proses dan kegiatan yang sudah dilakukan adalah guru harus mampu mempunyai sifat kreatif dan mau berinovasi dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran serta karakteristik peserta didik di kelasnya.

 

File bisa di download disini https://anyflip.com/qxftv/mfhp/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Remote & Sharing (FTP)

Tafkhim dan Tarqiq dalam Ilmu Tajwid

Makalah "Interface" Bahasa Pemrograman lanjut