Penyusunan Best Practice dengan Metode STAR
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
UPT SPF SMPN Satap 5 Bulukumba |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Menengah Pertama |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata
Pelajatan TIK Kelas VII |
Penulis
|
Suriani, S.Pd |
Tanggal
|
01 November 2022 & 02 November 2022 |
Situasi (S): Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: Peralihan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ke
pembelajaran tatap muka membuat motivasi belajar siswa menurun, sehingga
membuat banyak perubahan dalam belajar termasuk sikap peserta didik yang
berdampak terhadap pembelajaran. Oleh karena itu saat pembelajaran di kelas
peserta didik merasa bosan karena terbiasa main dirumah bersama
teman-temannya pada saat pembelajaran jarak jauh. Perubahan yang terjadi seperti: 1. Peserta didik sering mengobrol dan asyik bermain
bersama teman-temannya sehingga cenderung ribut pada saat pembelajaran
berlangsung 2. Peserta didik terlihat kurang bersemangat mengikuti
proses pembelajaran 3. Pembelajaran hanya terpusat pada guru sebagai sumber
belajar Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena
banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama seperti yang saya alami,
sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri
juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru lain. Dengan adanya
praktik ini, akan memberikan sesuatu yang berbeda dimana pada awalnya peserta
didik kurang memperhatikan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar
yang rendah, hal tersebut mulai teratasi dengan penerapan model pembelajaran
inovatif, melakukan metode demonstarsi langsung, menggunakan media ajar powerpoint
dan tayangan video yang dapat membantu peserta didik meningkatkan motivasi
belajarnya. Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah
saya berperan sebagai guru dan fasilitator bagi peserta didik yang saya ajar,
sebagai seorang guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses
pembelajaran secara utuh dan efektif dengan menyusun rancangan pembelajaran
yang sesuai dengan akar masalah yang ada, mempersiapkan pendukung
pembelajaran dengan menggunakan model dan metode pembelajaran yang sesuai. |
Tantangan (T) : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Tantangan yang dihadapi saat pelaksanaan praktik: Setelah dilakukan analisis terhadap hasil kajian
literatur dan hasil wawancara, yaitu rendahnya motivasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran TIK antara lain dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor
internal dan eksternal. Faktor internal: 1. Kurangnya perhatian dan minat siswa terhadap
pelajaran 2. Kurang disiplin Faktor eksternal: 1. Kondisi ruangan praktik komputer sempit dan kurang
kondisif untuk proses pembelajarana 2. Metode dan media pembelajaran yang
kurang inovatif, kebanyakan menggunakan metode ceramah 3. Kurangnya perhatian dan pengawasan
orang tua siswa di rumah Berdasarkan penyebab dari permasalahan
diatas, tantangan yang dihadapi guru yaitu: 1. Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dikelas 2. Peserta didik kurang percaya diri mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas 3. Penguasaan kelas yang optimal untuk mendukung
pencapaian tujuan pembelajaran 4. Penggunaan model dan metode
pembelajaran yang tepat dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik peserta
didik di kelas 5. Penggunaan media dan bahan ajar yang
menarik 6. Kondisi ruangan praktik komputer yang sempit
dan kurang kondusif dalam belajar Berdasarkan tantangan tersebut diatas,
dapat disimpulkan bahwa untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi
melibatkan peran guru dan peserta didik yang terlibat langsung, pihak yang
mendukung adalah orang tua, rekan sejawat dan kepala sekolah sebagai observer
pada saat pelaksanaan pembelajaran dan rekan sejawat yang membantu dalam
proses perekaman. Dari semua pihak yang terlibat, penulis memahami perlu
adanya kolaborasi yang dilakukan agar tantangan yang ada dapat terselesaikan
dengan baik. |
Aksi (A) : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru,
langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu: 1. Pemilihan model pembelajaran a. Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran dan mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada peserta didik. b. Startegi yang digunakan dalam memilih model pembelajaran adalah dengan menyesuaikan karakteristik materi, memperhatikan tujuan pembelajaran, dan sarana prasarana pendukung c. Proses pemilihan model pembelajaran dilakukan dengan cara mempelajari model-model pembelajaran inovatif berdasarkan kajian literatur dan wawancara dilapangan, memahami karakteristik materi yang akan diajarkan dan tujuan yang akan dicapai. d. Guru menerapkan salah satu model pembelajaran inovatif, yaitu discovery learning. Dimana model pembelajaran ini berpusat pada peserta didik untuk mencari, menemukan pengetahuan sebagai wujud adanya perubahan perilaku. 2. Berkaitan dengan metode pembelajaran a. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dengan materi yang akan diajarkan b. Guru menggunakan metode demonstrasi langsung pada kegiatan praktik agar peserta didik lebih pahan dan antusias 3. Berkaitan dengan media pembelajaran a. Penggunaan
media ajar berbasis TPACKuntuk memudahkan guru mentansformasi ilmu
pengetahuan dan juga membangkitkan motivasi belajar peserta didik b. Guru menggunakan presentasi menggunakan powerpoint dan menambahkan video yang menarik dan disajikan melalui proyektor 4. Kondisi ruangan praktik a. Ruangan
praktik komputer yang kurang memadai untuk proses pembelajaran sehingga
peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok. Mereka akan bergantian di dalam
ruangan untuk melakukan praktik sehingga semua peserta didik mendapatkan
kesempatan yang sama untuk belajar |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan
menunjukkan hasil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari: 1. Pemilihan model pembelajaran inovatif yaitu
Discovery learning dengan metode demonstrasi
dimana proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang
sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam
pembelajaran sehingga meningkatkan motivasi belajarnya. 2. Respon peserta didik terhadap pembelajaran dapat
terlihat dari hasil refleksi yang sudah dilaksanakan. Peserta didik merasa
senang dt6engan model dan metode pembelajaran yang dilakukan. Sedangkan
respon dari kepala sekolah dan rekan sejawat dapat dibuktikan berdasarkan
hasil observasi yang sudah dilakukan. Menunjukkan bahwa pembelajaran yang
dilakukan sudah meningkatkan motivasi belajar dan dibuktikan dengan aktivitas
peserta didik yang meningkat lebih berpartisipasi aktif selama pembelajaran 3. Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat
bergantung pada kemampuan guru dalam mengelolah kelas dan melaksanakan
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan model
pembelajaran inovatif serta metode demontrasi dipadukan dengan media pembelajaran
yang berbasis teknologi AR. 4. Pembelajaran yang bisa diambil dari keseluruhan
proses dan kegiatan yang sudah dilakukan adalah guru harus mampu mempunyai
sifat kreatif dan mau berinovasi dalam menerapkan model pembelajaran yang
sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran serta
karakteristik peserta didik di kelasnya. |
Komentar
Posting Komentar