Makalah Remote & Sharing (FTP)



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pada era globalisasi sekarang ini ilmu pengetahuan dan teknologi sudahlah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Dunia yang serba modern telah menghiasi di sekeliling kita serta perkembangannya pun tak terlupakan. Di bidang komunikasi perkembangannya pun semakin canggih seseorang dapat berkomunikasi lewat jarak jauh dengan menggunakan sebuah media sebagai alat perantara.
Dunia computer sering disebut sebagai dunia telekomunikasi yang sangat populer karena mampu mengakses data yang sekian banyak jumlahnya dan mampu diakses kemanapun. Perkembangan computer dalam mengakses sebuah data pun kini mulai berkembang dengan adanya internet yang dapat mengakses data keseluruh dunia
Intenet merupakan program computer untuk mengakses sebuah data baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah yang besar serta untuk mengambil sebuah data dari jarak yang jauh. Dalam internet terdapat banyak pemprograman yang dapat kita gunakan untuk untuk mengambil suatu informasi serta suatu data yang ingin kita peroleh.
Pada komputer juga memiliki banyak program untuk mengolah kata namun bukan hanya program pengolahan kata saja tetapi ada beberapa program yang dimiliki oleh computer, dan salah satunya yang akan kami bahas dalam makalah ini yaitu FTP atau File Transfer Protokol yang berfungsi untuk mentrasfer antara dua data yang akan saling dipertukarkan.
Di dalam FTP terdapat banyak perintah-perintah yang dapat kita gunakan, namun meskipun demikian program ini juga memiliki banyak kelemahan, namun demikian banyak juga manfaat yang dapat kita ambil.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian remote dan sharing?
2.      Jelaskan pengertian FTP (File Transfer Protokol)!
3.      Apakah tujuan atau manfaat FTP?
4.      Bagaimana cara kerja FTP?
5.      Apa kelebihan dan kelemahan FTP?

C.    Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini yaitu untuk :
1.      Mengetahui pengertian remote dan sharing
2.      Mengetahui pengertian FTP
3.      Mengetahui manfaat atau tujuan dari FTP
4.      Memahami dan dapat mengaplikasikan cara kerja FTP
5.      Mengetahui kelebihan dan kelemahan FTP







  


BAB II
PEMBAHASAN

A.    REMOTE DAN SHARING
Remote Desktop digunakan untuk mengendalikan sebuah komputer beserta aplikasi desktop dan resource-nya dengan menggunakan komputer lain yang terhubung melalui jaringan. Dengan menggunakan Remote Desktop akan dapat mengakses komputer dengan menggunakan perangkat komputer yang lain. Dengan Remote dekstop akan dapat terhubung dengan komputer lainya. Seperti mengakses program – program  file dan resource mengambil dan menyalin file di jaringan seolah benar-benar berada di depan komputer tersebut.
Remote Desktop adalah suatu aplikasi dari sistem operasi yang berguna untuk mengendalikan komputer satu dengan komputer lainya. Dengan memudahkan komputer mulai dari mengambil data yang di perlukan atau melakukan pekerjaan  dalam waktu yang singkat tanpa harus mengerjakanya di komputer yang akan dikendalikan. Salah satu keuntungan menggunakan Remote Control adalah dapat melakukan sebuah pekerjaan dari jarak jauh, tanpa harus berada didepan peralatan yang ingin dikerjakan. Begitu juga dengan Komputer. Dapat melakukan remote (pengendalian) Komputer dari jauh.. Penggunaan remote desktop komputer ini banyak digunakan pada jaringan LAN dan jaringan internet.
Sharing adalah salah satu fasilitas dalam jaringan komputer  yang sangat membantu dalam pengoperasian jaringan atau menghubungkan dua komputer atau lebih, sehingga antara satu komputer dengan yang lain dapat saling bertukar file (File Sharing/File Transfer).
Salah satu contoh aplikasi Remote dekstop adalah TeamViewer. TeamViewer adalah suatu program Remote Desktop yang cukup sederhana dan sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan terutama melakukan akses PC secara remote melalui internet. Dan ini merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk mengakses PC lain melalui internet                  .
Konsep Dasar Remote Desktop
Remote Desktop merupakan service yang digunakan untuk keperluan pengendalian komputer jarak jauh. Dengan memamfaatkan Remote desktop, pengguna (client) dapat mengendalikan (remote) komputer ke server dengan akses penuh atau sebaliknya.
Remote desktop komputer yang mengendalikan dari  komputer server ke komputer pengguna atau pengguna ke server guna untuk  mengambil file atau mengoprasikan Komputer yang akan di kendalikan. Jika terhubung dengan Remote Desktop ( ID dan Password ), maka akan dapat mengoprasikan komputer tersebut, mengambil file dll dengan akses penuh.


Gambar Proses Remote Desktop

Remote Desktop dapat di lakukan pada lintas sistem operasi (cross platform connections). Sehingga memudahkan pengguna melakukan pengendalian komputer berbeda sistem operasi (linux, windows.)Fitur utama Remote Desktop ini adalah:
Ø  Remote Support
Ø  Presentation
Ø  File Transfer
Remote Desktop Support (akses PC melalui jalur internet), sangat membantu mengakses PC yang jauh, karena cukup terkoneksi internet dan mengetahui ID serta Password PC tersebut dalam waktu yang singkat dan memudahkan akses PC itu secara remote seperti hal nya ada di depan PC tersebut secara langsung. Selain fungsi remote desktop, manfaat lain yang digunakan adalah  Persentation berfungsi untuk presentasi jarak jauh. maka pengguna yang terhubung bisa melihat apa yang di lakukan oleh server. "File Transfer" ini bisa melakukan copy file langsung ke direktori yang inginkan oleh pengguna.
Remote Access
Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada  suatu network sentral dari suatu lokasi.  Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.
Sejarah remote access:
Pertengahan 1980-an ketika PC mulai populer, beberapa sistem komputer mulai berpindah dari model sebuah mainframe dengan banyak terminal. LAN lahir ketika kebutuhan akan  pertukaran informasi antara satu komputer dengan yang lain. Kemudian sebagian besar perusahaan mempunyai LAN yang menggunakan kabel.
 Memasuki tahun 1990-an, perusahaan-perusahaan yang mempunyai kantor pada lokasi terpisah, mulai memikirkan cara lain untuk pertukaran informasi. Ditambah dengan ukuran PC yang semakin kecil dan konsep PC yang mobil. Para user menginginkan kemampuan akses yang sama antara ketika mereka berada di jalan dengan ketika berada di kantor. Kebutuhan akan remote site dan remote user melahirkan remote access.
Salah satu alasan mengapa teknologi remote access menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat adalah pertumbuhan jumlah komputer notebook dengan kemampuan tinggi yang luar biasa. Trend ini memungkinkan kemampuan orang-orang yang lebih banyak berada di luar untuk akses ke jaringan (network) utama. Selain itu penurunan harga modem kecepatan tinggi yang memungkinkan komunikasi remote menjadi suatu option untuk siapa saja. Juga ditunjang dengan jalur telepon dengan kualitas yang lebih tinggi dan biaya lebih rendah contohnya adalah ISDN.
Banyak perusahaan tertarik dengan remote access karena perusahaan yang memakai remote access memiliki kelebihan kompetitif dengan memberikan akses langsung informasi kritis di mana pun mereka berada. Dengan teknologi remote akses, perusahaan dapat memberikan dukungan dan respon yang lebih baik kepada pelanggan.
Kelebihan kompetitif lainnya adalah membuat pekerja menjadi lebih produktif dan efisien. Memungkinkan pekerja bekerja di rumah tanpa gangguan yang memberikan lebih banyak pilihan gaya hidup. Penelitian menunjukkan telekomuter mempunyai loyalitas terhadap perusahaan yang lebih tinggi dibandingkan pekerja kantor biasa. Penelitian California Telecommuting Pilot Programm menemukan telecommuting meningkatkan produktivitas 10 sampai 30 % dalam banyak kasus. Perusahaan memilih remote access untuk mengurangi jumlah dan ruang kantor yang diperlukan. Dengan banyak pekerja berada di luar kantor, ruang kantor dapat digunakan sebagai part time basis, dan ruang kantor dapat dikonsolidasi.
Metode-Metode Remote Access serta kelebihan dan kekurangannya:
Terminal Server. Untuk remote user yang membutuhkan akses sistem multi user seperti host UNIX atau DECdan komputer mini, mainframe, atau bulletin board perusahaan dari jauh.
Kelebihan Server Terminal:
-          Lebih mudah dimenej dibanding metode lain
-          Software emulasi terminal yang murah dalam windows
-          Teknologi ynag telah dikenal dengan baik
-          Dengan software emulasi terminal, bekerja dengan semua tipe remote workstation
-          Tidak membutuhkan lisensi software tambahan
-          Satu-satunya cara untuk akses aplikasi berbasis host khusus
-          Bekerja dengan berbagai program transfer file yang ada
Kelemahan Server Terminal:
-          Tidak dapat akses ke resource LAN lain
-          Antarmuka remote user dapat berbeda ketika berhubungan dengan jaringan
-          Tidak mendukung GUI atau antarmuka seperti windows
-          Aplikasi khusus. Digunakan untuk satu proses aplikasi. Pengguna remote dilengkapi versi khusus dari aplikasi yang didesain untuk penggunaan dial-in seperti mail remote dan digunakan untuk terhubung ke server aplikasi.
Kelebihan Application Specific:
-          Relatif lebih mudah menambahkan setup jaringan yang telah ada
-          Secara umum mempunyai performansi remote yang bagus
Kekurangan Application Specific:
-          Hanya memungkinkan akses ke sebuah aplikasi single dan kadang-kadang single server dalam satu waktu
-          Diperlukan software client yang terpisah
-          Sering memerlukan PC server/gateway
-          Proprietary (exclusive)

Remote node
Suatu remote PC terhubung ke jaringan lewat sebuah server, mensimulasikan konenksi langsung sebuah node pada jaringan lokal.
Kelebihan Remote Node:
-          Metoda remote access dimaksudkan untuk memunculkan versi mobil dari software yang ada
-          Akses ke semua resource network
-          Manajemen yang terpusat bahkan dari lokasi yang terpisah (remote site)
-          tidak memerlukan PC yang dikhususkan pada LAN perusahaan
-          Dapat mendukung banyak platform dengan standard industri, tidak eksklusif
-          Bekerja baik dengan program grafis
-          Benar-benar memperluas jaringan ke pengguna remote sebagaimana dalam jaringan itu sendiri
Kelemahan Remote Node:
-          Aplikasi harus ‘reside’ pada remote machine
-          Aplikasi non-client/server atau yang bersifat intensif data mungkin berpormansi buruk
-          Pendekatan integrasi. Sebuah kombinasi beberapa metoda akses remote seperti nod remot, kendali remot (remote control), dan server terminal semua dalam satu box. Pengguna dapat melakukan satu phone call dan akses file, aplikasi, atau host apa saja yang diperlukan tanpa harus diskoneksi.
Kelebihan Integrated Approach:
-          Akses ke semua resource jaringan, file, host, dan aplikasi dalam satu single phone call
-          Sempurna untuk jaringan dengan lingkungan beragam yang memerlukan akses host, remote node, dan remote control
-          Mengkonsolodasi akses dial-in dan dial-out dalam satu tempat yang menyediakan keuntungan (kelebihan) keamanan dan manajemen
-          Reduksi biaya servis dengan berhubungan dengan hanya satu vendor
-          Komplemen metoda-metoda lain untuk memberikan yang terbaik dari semua pendekatan
Kekurangan Integrated Approach:
-          Kemungkinan overkill untuk sebuah jaringan kecil yang tidak mempunyai rencana pengembangan, sebagai contoh, satu yang hanya memerlukan akses e-mail
Petunjuk Pemilihan Metoda Remote Access:
-          Pilih Application Specific Software untuk pengguna yang sedikit jumlahnya yang hanya ingin mengakses sebuah aplikasi
-          Pilih Remote Control untuk pengguna yang sedikit jumlahnya tetapi ingin mengakses berbagai resource pada jaringan komputer
-          Pilih Remote Control Servers untuk banyak pengguna teknik yang ingin mengakses aplikasi berbasis server
-          Pilih Remote Node untuk akses lengkap LAN bagi pengguna yang banyak jumlahnya yang relatif non-teknik
-          Pilih Terminal Server untuk aplikasi berbasis terminal yang dijalankan di jaringan komputer sentral untuk mendukung berbagai operasi seperti akutansi dan laporan keuangan
-          Perusahaan Mengimplementasikan Remote Access:
Beberapa contoh penerapan Remote Access dalam perusahaan, yaitu :
a.       Telecommuting.
Program telecommuting yang didesain dengan baik dapat menghemat uang perusahaan dan mengefektifkan kerja karyawan. Tel;ecommuting memungkinkan para commuters berhubungan dengan jaringan komputer perusahaannya melalui Remote Access untuk memeproleh suatu informasi.
b.      Sales Force Automation.
Petugas sales bisa meningkatkan penjualan produk karena mereka dapat mempersiapkan diri lebih baik selama perjalanan menjumpai pelanggan. Informasi terbaru juga dapat diperoleh dengan mudah.
c.       Field Service Automation.
Teknisi servis dapat memesan spare-part dari manapun sehingga mempercepat pelayanan service.
d.      Executive Connectivity
Para eksekutif yang sibuk seringkali membutuhkan informasi penting yang segera dapat diperoleh dengan bantuan Remote Access.
e.       Remote Management of Network. Manajer Jaringan Komputer dapat mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan pada jaringan komputer tanpa harus pergi ke kantor.

Sharing
Sharing adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk membagi suatu file, perangkat dan koneksi internet untuk digunakan secara bersama-sama dengan tujuan untuk menghemat biaya dan perangkat. Sharing dapat dilakukan terhadap File Dokumen/Software dalam drive atau folder,atau dalam CD-Rom, sharing perangkat: Printer dan CD-Room dan sharing jaringan koneksi internet.
Untuk Melakukan Sharing ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:
-          Jaringan sudah tekoneksi dengan baik
-          Protokol sharing file dan printer sudah terinstall
-          Setting Sharing dengan dengan benar.
Ada beberapa Sharing yang sering di jumpai diantaranya:
-          Sharing Data: Sharing File/Folder/Drive
-          Sharing Perangkat: CD/DVD ROM dan Sharing Printer
-          Sharing Internet/Sharing Koneksi Internet
Manfaat sharing device :
a.       Dapat menghemat waktu,tenaga dan baiaya
b.      file dari satu computer dapat di copy secara langsung ke computer lain dalm satu jaringan dengan menggnakan share device


B.     PENGERTIAN FTP
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
FTP ini mempunyai banyak tujuan yang dapat memberikan manfaat yang sangat penting bagi user atau pengguna. FTP juga memiliki banyak kelemahan serta kelebihan yang diantara kelemahan dan kelebihan tersebut bisa memberikan keuntungan atau kerugian bagi pemakai atau user.
Anonymous FTP berasal dari istilah bahasa inggris yang berarti anonym atau tanpa nama.Tanpa nama di sini tidak diketahui namanya, dimana identitas yang digunakan untuk mengakses informasi ke suatu server , terutma untuk pemakai umum. Pada FTP terdapat trivial file transfer protocol yang disingkat dengan TFTP. FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.
Dalam sebuah jaringan komputer dalam area lokal maupun yang terkoneksi dengan internet seringkali diperlukan transfer (pertukaran) data antar komputer. Sebagai contoh, saat ditemukan sebuah file atau program yang menarik dan berhubungan dengan masalah yang sedang kita hadapi, biasanya kita berkeinginan untuk menyalin file atau program tersebut. Maka dipergunakan FTP (File Transfer Protocol) yang merupakan software terpopuler di kalangan user jaringan LAN dan atau internet yang memungkinkan untuk melakukan proses menyalin atau memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain yang letaknya berjauhan melalui internet. Dengan FTP ini dapat dilakukan tukar menukar informasi yang berupa file secara mudah dan murah. Fasilitas FTP sering digunakan untuk menyalin (men-download) file dari server komputer yang ada di internet ke komputer lokal. File yang disalin (di-download) biasanya berupa sebuah file teks, file gambar, file suara, file program dan file-file lainnya sehingga muncul anggapan bahwa FTP merupakan suatu sarana umum untuk saling membagi data melalui internet. Komputer server yang menyediakan data dan
Informasi yang dapat disalin (di-download) oleh usernya berjumlah cukup banyak, dan untuk dapat menyalin file dari sebuah server harus diketahui lebih dahulu alamat lengkap situsnya. Klien (komputer lokal) dan server (komputer remote) yang memiliki utilitas FTP tidak tergantung dari mana lokasi komputer itu berada, bagaimana cara koneksinya dan bahkan apa sistem operasi yang digunakannya. Selama komputer tersebut memiliki akses ke dalam jaringan LAN maupun internet, komputer tersebut masih dapat memanfaatkan fasilitas FTP. Dengan kata lain selama sebuah sistem komputer memiliki protokol TCP/IP, maka fasilitas FTP dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, FTP menjadi jembatan antar sistem operasi dalam melakukan proses transfer data.
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas
File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

C.    TUJUAN FTP
Tujuan dari file transfer protokol adalah sebagai berikut :
1.      Untuk tujuan sharing data
2.      Untuk tujuan indirect atau implicit remote computer
3.      Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
4.      Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

D.    BENTUK DAN MACAM – MACAM FTP

1.      Anonymous FTP
Istilah dari bahasa inggris yang berarti anonym atau tanpa nama. Tanpa nama, tidak diketahui namanya . Identitas yang digunakan untuk mengakses informasi kesuatu sever terutama untuk pemakai umum. Kadang istilah ini juga diartikan sebagai seorang yang menggunakan nama palsu atau mengisi data palsu.
Kadang kala disingkat dengan istilah anonymous FTP adalah suatu cara yang memungkinkan user dalam menjangkau dokumen, file, program, dan data lainnya dimanapun yang tersimpan di internet, tanpa perlu memasukkan nama login password.
-          Anonymous FTP Singkatan dari Anonymous file transfer protocol. Situs:site FTP yang dapat di akses
-          Anonymous-only logons, memperbolehkan akses remote dengan menggunakan account IUSR computername
-          File transfer protocol, protocol standar untuk kegiatan lalu-lintas file antara dua computer

2.      Trivial File Transfer Protocol
Disingkat dengan TFTP. File transferprotocol yang cukup sederhana dan tidak terlalu aman digunakan khususnya untuk melakukan transfer data yang bersifat rahasia. Proses transfer datanya dilakukan dengan menggunakan User Datagram Protokol. TFTP ini mirip dengan file transfer protocol, bedanya adalah dalam hal protocol trans[ort yang lebih digunakan.
Trivial File Transfer Protocol (disingkat menjadi TFTP) adalah sebuah protokol  perpindahan berkas yang sangat sederhana yang didefinisikan pada tahun 1980. TFTP memiliki fungsionalitas dasar dari protokol File Transfer Protocol(FTP).
Karena protokol ini sangatlah sederhana, maka implementasi protokol ini dalam komputer yang memiliki memori yang kecil sangatlah mudah. Hal ini memang  pertimbangan yang sangat penting pada saat itu. Protokol ini kini masih digunakan untuk mentransfer berkas-berkas kecil antar host di dalam sebuah jaringan, seperti halnya ketika terminal jarak jauh X Window System atau thin client lainnya melakukan proses booting  dari sebuah host jaringan atau server.
TFTP dibuat berdasarkan protokol yang sebelumnya disebut dengan Easy File Transfer Protocol(EFTP), yang merupakan bagian dari kumpulan protokol PARC Universal Packet (PUP). Pada awal-awal pengembangan protokol TCP/IP, TFTP merupakan protokol pertama kali yang diimplementasikan dalam sebuah jenis host  jaringan, karena memang sangat sederhana. Versi asli TFTP, sebelum direvisi oleh RFC 1350, menampilkan sebuah kelemahan  protokol, yang diberinama Sorcerer's Apprentice Syndrome, saat pertama kali diketemukan. TFTP pertama kali muncul sebagai bagian dari sistem operasi 4.3 BSD. Protokol ini  juga masih dimasukkan ke dalam Mac OS X, paling tidak hingga versi 10.5. TFTP adalah program yang memiliki fungsionalitas layaknya aplikasi FTP. TFTP menjalankan hubungan antara klien dengan server menggunakan protokol layer transport UDP.
Manfaat TFTP :
1.      Untuk transfer file antar komputer yang sama maupun berbeda jaringan
2.      Digunakan khususnya untuk melakukan transfer data yang bersifat rahasia.
3.      Untuk menyebarkan dirinya dan menginfeksi host jaringan lainnya,seperti yang digunakan oleh worm komputer, seperti W32.Blaster.
4.      Protokol ini memiliki jumlah memori yang sedikit untuk menjalankan kodenya, sehingga dapat dengan mudah dipasang pada bootROM komputer
5.      Digunakan untuk melakukan  booting komputer seperti halnya router  jaringan komputer yang tidak memiliki perangkat penyimpanan data


3.      FTP Client
FTP client adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan transfer file dalam lingkungan internet menggunakan standar dari FTP. Proses transfer file dalam lingkungan internet hampir sama seperti proses transfer dalam lingkungan Dos, hanya saja terdapat kelebihan. Macam-macam FTP Client: ftp clien under windows, cute ftp, WS-FTP, ger right, GO!zilla, coffie cup, dll.
4.      FTP Server
FTP server adalah computer server yang memberikan akses FTP ke intranet maupun internet. Macam-macam software pembangun FTP server: FTPd, pro-FTPd, Wu-FTPd, ftpX,Troll-FTPD, dll.
Bentuk dasar dari FTP adalah FTP Host domain, 2 macam FTP berdasarkan hak aksesnya:
a.       FTP user artinya ftp yang dapat diakses dan memiliki permisi hanya di batasi untuk user tertentu. Karena ftp user disertakan suatu autentifikasi bila kita mengakses ke dalamnya
b.      FTP anonymous, artinya FTP yang disediakan secara anonymous tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat diakses oleh siapapun dan biasanya tanpa password, ataupun bila diminta password. Biasanya server meminta alamat email kita sebagai passwordnya untuk ferivikasi
Sebuah server yang memberikan fasilitas FTP dapat dengan mudah dikenali, biasanya sebuah server FTP akan memiliki alamat situs dengan subdomain FTP, misalnya domainmicrofosft.com memberikan fasilitas FTP pada subdomainftp.microsoft .com.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client sedangkan FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server. Kelebihan dalam ftp server adalah mempermudah dalam mengunggah data dan men-transfer data
Transfer file/data yang dilakukan ini dapat terjadi antara komputer yang berbentuk mainframe dan sebuah komputer di jaringan lokal atau transfer data dapat terjadi dari komputer kita ke server FTP melalui internet. FTP merupakan aplikasi yang sangat berguna karena aplikasi ini menyediakan akses kepada pengunjung atau user untuk mengakses data yang tersimpan pada server tersebut, dan dapat diakses oleh sejumlah besar komputer secara bersamaan.
Terdapat dua proses pada FTP yaitu upload dan download. Proses Upload merupakan  proses transfer data dari komputer local ke komputer server yang menyediakan akses FTP sedangkan proses download merupakan proses transfer data dari komputer server ke komputer local.          

E.     CARA KERJA FTP

Ø  Port standard FTP adalah 21 (pada server)
Ø  Pada sisi server, ftp server menunggu incoming connection di port 21 (default)
Ø  FTP client mencoba connect ke ftp server (daemon) dengan memasukan user  password nya (biasanya FTP memang memiliki suatu autentikasi tersendiri.)
Ø  FTP server men-check apakah si user dan password nya valid, Jika valid maka akan  berlanjut ke step berikutnya, jika tidak valid maka akan diminta memasukan user/password yang lain beberapa kali, jika tetap invalid maka koneksi akan diputuskan
Ø  Setelah user tervalidasi maka ftp client dapat men-download/men-upload atau pun mendelete file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki
Ø  Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan “mendengarkan” percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port  pengatur (control port) untuk:
-          Membuat sebuah koneksi antara klien dan server
-          Untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server
-          Dan untukmengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
Ø  FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan  password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password nya untuk mengakses, mendownload dan mengupload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses  penuh terhadap beberapa direktori sehingga mereka dapat membuat berkas, direktori, dan  bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail


Beberapa perintah yang sering dan sangat diperlukan oleh user dalam melakukan proses FTP adalah seperti dibawah ini:
-          Open: memulai ftp dan mengkoneksikan ftp ke server
-          Nlist, dir, ls: daftar dari file yang ada dalam ftp server
-          Cd: berpindah direktori secara hakiki pada direktori ftp server
-          Lls, lcd, lpwd perintah yang digunakan untuk memberikan informasi kepada kita di direktori aktif mana kita berada pada computer local.
-          Get: perintah ini digunakan jika kita ingin mengambil file dari ft-server ke computer local
-          Put: perintah ini digunakan untuk menaruh data ke ftp-server, dari computer kita ke computer server
-          Mput/mget: digunakan untuk mengambil dan menaruh beb erapa data secara langsung
-          Ascii/binary: melakukan transfer data dalam bentuk format file ascii atau secara  binary
-          Quit: mengakhiri dan memutuskan hubungan ftp dari computer kita ke computer server

F.     KELEBIHAN DAN KELEMAHAN FTP
Kelebihan FTP
1.      FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data
2.      FTP dapat mentransfer data
3.      Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus (tidak satu persatu)
4.      Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file
5.      FTP merupakan Versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program audit dan penanganan acount

Kelemahan FTP
1.      FTP tidak aman dalam mentransfer suatu file karna file dirim tanpa di-enkripsi terlebh dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara default, FTP mengaplikasikan mode ASCII pada transfer data. karena pengirimannya tanpa enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang dikirim bisa saja di sniffing oleh hacker dengan menggunakan protokol analyzer(sniffer. kerentangan terkena serangan dikarenakan kurangnya kemampuan enskripsi
2.      Keamanan dan kemudahan penggunaan sering kali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem dimana-mana
3.      FTP desainnya masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kesimpulan dari makalah ini yaitu :
Ø  FTP (File Transfer Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk memindah - mindahkan file kita dengan mudah untuk mengupload dan mendownload file seperti dalam file-file dalam sebuah Komputer

Ø  Tujuan dari FTP antara lain untuk sharing data, indirect atau implicit remote computer, tempat penyimpanan bagi user, menyediakan data yang reable dan efisien

Ø  Bentuk dan macam-macam FTP
a.        Anonymous FTP
b.        Trivial File Transfer protocol
c.        FTP client. Macam-macam FTP Client: ftp clien under windows, cute ftp, WS-FTP, ger right, GO!zilla, coffie cup, dll.
d.       FTP Server

Ø  Kelebihan dari FTP antara lain FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data, dapat mentransfer data, dapat melayani tukar-menukar file

Ø  Kelemahan dari FTP yaitu tidak aman dalam mentransfer suatu file karna file dikirim tanpa di-enkripsi terlebih dahulu, Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem dimana-mana, FTP desainnya masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Sistem Operasi

Makalah "Interface" Bahasa Pemrograman lanjut

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar